Jenis
Tahun
:
:
Skripsi
2021
Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kepemilikan Sertifikasi Halal di Bogor
Author : Amanda, Siti Utami dan Wilasih,Ranti
Label halal pada suatu produk selain berfungsi untuk menunjukkan status kehalalan, juga merupakan salah satu upaya strategi pemasaran produk. Hingga saat ini terdapat dua jenis label halal yang beredar pada produk makanan lokal oleh UMKM, yaitu label halal MUI dan label halal yang dibuat sendiri oleh pelaku usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi pilihan UMKM untuk mencantumkan label halal MUI atau halal non-MUI pada produk. Penelitian ini dilakukan di Kota Bogor dengan mengambil sampel 30 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik incidental sampling. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi logistik. Hasil analisis regresi logistik menunjukkan dari variabel Pengetahuan, Pendidikan, Agama Pemilik Cafe, Omzet/Pendapatan, Konsumsi Masyarakat, Laju Usaha, Skala Usaha (Mikro, kecil, menengah), Biaya, Proses Sertifikasi, Persyaratan Sertifikasi, variabel omzetlah yang berpengaruh signifikan terhadap minat pemilik cafe untuk bersertifikasi halal MUI.
Analisis Kesiapan UMKM Bidang Kuliner di Kota Samarinda terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal
Author : Kusumawardhani, Tristania dan Hermanianto, Joko
Aturan kewajiban sertifikasi halal pada semua produk yang beredar di wilayah Indonesia telah berlaku sejak tahun 2019. Akan tetapi, jumlah UMKM bidang kuliner di Kalimantan Timur yang telah memiliki sertifikat halal atas produknya hanya kurang dari 10%. Dengan mengetahui kenyataan tersebut, penulis melakukan penelitian yang bertujuan mengetahui tingkat kesiapan UMKM terhadap aturan kewajiban tersebut yang tercantum pada UU Jaminan Produk Halal. Penelitian difokuskan pada UMKM bidang kuliner yang berdomisili di kota Samarinda dengan melibatkan 80 responden. Metode yang digunakan pada penelitian adalah analisis deskriptif dan skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat pengetahuan UMKM bidang kuliner yang ada di kota Samarinda mengenai halal sangat tinggi. Selain itu, didapatkan juga hasil bahwa pelaku bersedia melakukan kewajiban sertifikasi halal namun kurang inisiatif untuk mencari tahu mengenai sertifikasi halal. Adapun tingkat kesiapan praktik halal yang menggambarkan tingkat penerapan kriteria sistem jaminan halal pada UMKM berada pada kategori siap.
Jenis
Tahun
Dept
:
:
:
Skripsi
2021
Food Science and Technology
Analisis Willingness to Pay Ibu Rumah Tangga Kabupaten Bogor Terhadap Daging Sapi Bersertifikat Halal
Author : Larezka, Rai ; Wiliasih, Ranti; dan Nursyamsiah, Tita
Permintaan masyarakat Indonesia terhadap daging sapi dan olahannya meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai dan faktor yang memengaruhi Willingness to Pay Ibu rumah tangga di Kabupaten Bogor terhadap daging sapi yang telah memiliki sertifikat halal. Objek penelitian ini adalah Ibu rumah tangga yang berdomisili di Kabupaten Bogor. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengetahuan terhadap daging halal, kepedulian terhadap sertifikasi halal, frekuensi pembelian, dan pendapatan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan Contingent Valuation Methods. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rataan (EWTP) kesediaan konsumen terhadap daging sapi bersertifikat halal adalah sebesar Rp 15 260. Variabel pengetahuan terhadap daging halal, kepedulian terhadap sertifikat halal, dan pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap besarnya nilai Willingness to Pay daging sapi bersertifikat halal, sedangkan variabel frekuensi pembelian tidak memiliki pengaruh yang signifikan.
Faktor – Faktor yang Memengaruhi Minat Pembelian Masyarakat Non Muslim terhadap Restoran Bersertifikat Halal di Kota Bogor
Author : Putri, Firli Ashila; Nurhalim, Asep; dan Nursyamsiah, Tita
Konsumen produk halal berasal dari kalangan Muslim, tetapi dari kalangan Non Muslim yang juga menikmati keunggulan restoran yang sudah bersertifikat halal sebagai restoran yang menyajikan produk berkualitas dan aman dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi masyarakat Non Muslim Kota Bogor terhadap restoran bersertifikat halal dan menganalisis faktor–faktor yang memengaruhi minat pembelian masyarakat non Muslim Kota Bogor terhadap restoran bersertifikat halal. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis data deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa variabel pengetahuan, pelayanan, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian responden.
Pengaruh Halal Certification dan Bauran Pemasaran terhadap Minat Beli Produk Kosmetik
Author : Candra, Lina Sartika ; Fahmi, Idqan; dan Saptono, Imam Teguh
Industri kosmetik merupakan salah satu industri yang berkembang di Indonesia. Banyaknya jenis produk kosmetik yang ada di pasar Indonesia menyebabkan banyaknya alternatif pilihan bagi konsumen saat membeli kosmetik. Make up atau produk-produk dekoratif wajah berkembang terutama di kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi (JABODETABEK). Permintaan kosmetik halal di Indonesia semakin tinggi sehingga produk kosmetik lokal dan impor berusaha untuk sertifikasi halal baik lembaga resmi di Indonesia (LPPOM MUI) maupun lembaga halal yang diakui oleh Internasional secara resmi. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan analisis terhadap penerimaan kosmetik halal Indonesia berdasarkan sertifikasi halal dan bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis segmentasi demografi konsumen kosmetik, sertifikasi halal, bauran pemasaran,dan minat beli kosmetik halal di Indonesia.; menganalisis pengaruh sertifikasi halal terhadap minat beli kosmetik halal di Indonesia; menganalisis pengaruh bauran pemasaran (product, price, place, promotion) terhadap minat beli kosmetik halal di Indonesia; dan merumuskan strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan minat beli kosmetik halal.
Keputusan Pembelian Kosmetik Halal Secara Online Oleh Muslimah DKI Jakarta
Author : Mahdaleni, Aisyah dan Arsyianti, Laily Dwi
Indonesia memiliki potensi produksi maupun konsumsi produk halal didunia karena penduduk Indonesia terdiri dari mayoritas muslim, separuhnya merupakan wanita. Namun dengan potensi besar tersebut Indonesia belum mampu untuk berada dalam Top 10 Pharma and Cosmetics Producerin Global berdasarkan State of Global Islamic Economy Report 2020. Seiring dengan berkembangnya era digital, pembelian secara online memberikan dampak positif. Namun masih perlu ditelaah mengingat kosmetik impor yang beredar juga semakin meningkat dari seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen muslimah DKI Jakarta dan menganalisis faktor-faktor dalam pengambilan keputusan pembelian kosmetik halal secara online oleh muslimah di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan di DKI Jakarta dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian kosmetik halal secara online oleh muslimah di DKI Jakarta.
Implementasi Sistem Jaminan Halal dan Hygiene Sanitasi di Kafe Studente Bogor
Author : Fajriah, Annisa Nur dan Muslich
Kafe Studente penyedia jasa makanan dan minuman harus memastikan produk yang dibuatnya halal, mulai dari persiapan bahan, proses produksi dan proses pascaproduksi. Selain itu hygiene sanitasi juga harus diperhatikan agar produk yang dihasilkan aman dikonsumsi. Penelitian ini bertujuan menyusun manual Sistem Jaminan Halal (SJH) dan mengimplementasikan di Kafe Studente. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi data primer, proses bisnis, hygiene sanitasi, menyusun manual SJH, implementasi dan menyusun perbaikan. Manual SJH berisi kebijakan halal, tim manajemen halal, pelatihan, bahan, produk, fasilitas produksi, prosedur tertulis aktivitas kritis, kemampuan telusur, penanganan produk yang tidak memenuhi kriteria, audit internal dan kaji ulang manajemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kafe Studente belum memenuhi persyaratan SJH seperti dokumen pendukung untuk bahan baku dan bahan tambahan pangan, pelatihan dan edukasi, serta fasilitas hygiene sanitasi. Perbaikan yang dapat dilakukan yaitu dengan melengkapi dokumen pendukung untuk bahan baku dan bahan pendukung, mengikuti pelatihan eksternal HAS 23 000, dan meningkatkan fasilitas hygiene sanitasi.
Isolasi Kolagen dari Kulit Ikan Salmon (Salmo salar) dengan Metode Asam dan Enzim Papain serta Karakterisasi Sifat-sifat Fisikokimianya
Author : Afifah, Amalia; Suparno, Ono; Haditjaroko, Liesbetini; dan Tarman, Kustiariyah
Kolagen terus meningkat dalam penggunaannya di berbagai bidang terutama kesehatan dan kecantikan yang secara tidak langsung meningkatkan permintaan kolagen di pasaran. Kulit ikan salmon merupakan salah satu komoditas yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk ekstraksi kolagen. Kulit ikan salmon memiliki protein yang cukup tinggi yaitu sebesar 20.76%. Kolagen dapat diisolasi menggunakan proses kimiawi, atau dengan kombinasi proses kimiawi dan enzimatik. Kolagen larut asam umumnya menghasilkan rendemen yang tidak terlalu tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut, enzim protease telah digunakan untuk meningkatkan nilai rendemen. Enzim protease yang umum digunakan adalah pepsin dan papain. Namun menurut Yang dan Shu (2014), porcine pepsin atau pepsin adalah protease yang berasal dari lambung babi. Enzim papain dari pepaya menjadi salah satu enzim yang dapat menjadi alternatif untuk mengekstrak kolagen selain pepsin. Enzim papain juga mudah didapatkan di pasaran dan berlabel halal. Penambahan enzim pada proses ekstraksi kolagen tidak terlepas dari penggunaan asam karena kolagen yang umum ditemukan merupakan protein fiber, maka sifat kolagen juga sama dengan sifat protein fiber, kolagen tidak dapat larut dalam air dan sukar diuraikan oleh enzim. Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Astiana et al. (2016) dan Dhakal et al. (2017) menunjukkan ekstraksi kolagen menggunakan kombinasi larutan asam dan enzim papain menghasilkan rendemen kolagen yang lebih tinggi dibandingkan dengan ekstraksi kolagen yang hanya menggunakan larutan asam tanpa mengubah struktur triple helix dari kolagen. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu pretreatment, isolasi dengan asam, isolasi dengan kombinasi asam-enzim papain, dan analisis nilai tambah dari kolagen larut asam serta kolagen larut papain.
Isolasi Kolagen dari Kulit Ikan Salmon (Salmo salar) dengan Metode Asam dan Enzim Papain serta Karakterisasi Sifat-sifat Fisikokimianya
Author : Afifah, Amalia; Suparno, Ono; Haditjaroko, Liesbetini; dan Tarman, Kustiariyah
Kolagen terus meningkat dalam penggunaannya di berbagai bidang terutama kesehatan dan kecantikan yang secara tidak langsung meningkatkan permintaan kolagen di pasaran. Kulit ikan salmon merupakan salah satu komoditas yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk ekstraksi kolagen. Kulit ikan salmon memiliki protein yang cukup tinggi yaitu sebesar 20.76%. Kolagen dapat diisolasi menggunakan proses kimiawi, atau dengan kombinasi proses kimiawi dan enzimatik. Kolagen larut asam umumnya menghasilkan rendemen yang tidak terlalu tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut, enzim protease telah digunakan untuk meningkatkan nilai rendemen. Enzim protease yang umum digunakan adalah pepsin dan papain. Namun menurut Yang dan Shu (2014), porcine pepsin atau pepsin adalah protease yang berasal dari lambung babi. Enzim papain dari pepaya menjadi salah satu enzim yang dapat menjadi alternatif untuk mengekstrak kolagen selain pepsin. Enzim papain juga mudah didapatkan di pasaran dan berlabel halal. Penambahan enzim pada proses ekstraksi kolagen tidak terlepas dari penggunaan asam karena kolagen yang umum ditemukan merupakan protein fiber, maka sifat kolagen juga sama dengan sifat protein fiber, kolagen tidak dapat larut dalam air dan sukar diuraikan oleh enzim. Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Astiana et al. (2016) dan Dhakal et al. (2017) menunjukkan ekstraksi kolagen menggunakan kombinasi larutan asam dan enzim papain menghasilkan rendemen kolagen yang lebih tinggi dibandingkan dengan ekstraksi kolagen yang hanya menggunakan larutan asam tanpa mengubah struktur triple helix dari kolagen. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu pretreatment, isolasi dengan asam, isolasi dengan kombinasi asam-enzim papain, dan analisis nilai tambah dari kolagen larut asam serta kolagen larut papain.
Analisis Kesiapan Sertifikasi Halal UKM Kuliner dan Pengaruh Sertifikat Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Author : Awaluddin, Sitti Shafira; Najib, Mukhamad ; dan Septiani, Stevia
Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia dengan 215 juta orang dengan kebutuhan konsumsi produk halal mencapai 170 miliar dollar AS. Kendati demikian, pada tahun 2017 – 2018 jumlah produk yang bersertifikat halal di Indonesia tidak pernah melebihi 9% dari jumlah produk yang beredar. Oleh karena itu, Pemerintah mewajibkan sertifikasi halal bagi seluruh UMKM dimulai sejak Mei 2019. Kota Bogor merupakan daerah metropolitan dengan jumlah UMKM yang didominasi oleh bidang kuliner dan merupakan perintisan Kota Halal pertama di Indonesia. Walaupun perintisan Kota Bogor sebagai Kota Halal telah berjalan beberapa tahun, nyatanya pada tahun 2018 jumlah UMKM yang memeroleh sertifikasi halal hanya sebesar 0.06%. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesiapan sertifikasi halal UKM kuliner dan pengaruh sertifikat halal terhadap keputusan pembelian konsumen di Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif dengan sumber data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis tabulasi silang, analisis deskriptif dan analisis linear berganda. Hasil penelitian menujukkan bahwa UKM Kuliner di Kota Bogor telah siap untuk mengajukan sertifikasi halal dengan nilai 82.97% dan sertifikat halal berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian konsumen UKM bidang kuliner di Kota Bogor dengan koefisien sertifikat halal dan harga berturut-turut sebesar 0.16 dan 0.22.
Pengaruh Sertifikat Halal terhadap Omzet IKM Produk Makanan di Kota Padang
Author : Rahmadi, Amalia Mustika; Hasanah, Neneng; dan Muthohharoh, Marhamah
Development of Halal Assurance System for Halal Shoyu Product Line in Kamada Soy Sauce Inc
Author : Tanaka, Darren; Giriwono, Puspo Edi; dan Kusnandar, Feri
Analisis Alokasi Anggaran Kosmetik Halal Bagi Perempuan Bekerja di Kota Bogor
Author : Rodhiyah, Rifah dan Wiliasih, Ranti
Analisis Faktor yang Berkontribusi dalam Pengembangan Wisata Halal dari Sudut Pandang Wisatawan di Jabodetabek
Author :Putri, Angghina Eria dan Munandar, Jono M
Faktor-faktor yang Memengaruhi Awareness Produk Makanan Instan Impor Berlabel Halal Bagi Mahasiswa S1 IPB
Author : Imani, Amalia dan Hubeis, Musa
Analisis Perubahan Omzet UMKM Makanan dan Minuman Setelah Sertifikasi Halal di Kota Bogor
Author : Khairunnisa, Hana; Lubis, Deni; dan Hasanah, Qoriatul
Implementasi Sistem Jaminan Halal dan Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik di Adelia Bakery Lampung
Author : Nasution, Mangara Dolly dan Muslich
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal MUI (Studi Kasus: Generasi Milenial Kota Jakarta Timur)
Author : Sholikhah, Badriyyatus; Fitri, Resfa; dan Mahanani, Yekti
Implementasi Sistem Jaminan Halal dan Higiene Sanitasi di Rumah Makan Bebek Abah Lenteng Agung Jakarta Selatan
Author : Dharmawan, Dhani dan Muslich
Analisis Perilaku Belanja Konsumen Non-Muslim Terhadap Makanan dan Minuman Kemasan Berlabel Halal MUI di Kota Bekasi
Author : Alfi, Badrina; Hasanah, Neneng; dan Muthohharoh, Marhamah
Implementasi Manual Sistem Jaminan Halal di IKM Izayo Banjarnegara
Author : Mufidah, Annisa dan Muslich
Optimasi Formula Gelatin Replacer Berbasis Komposit Biopolimer Nabati untuk Pembuatan Chewy Candy
Author : Aprianti, Gustira Enda; Suyatma, Nugraha Edhi; dan Arpah, Muhammad
Autentikasi Kepatutan Standar Halal Gelatin Kulit Lele dari Periodisasi Karantina (Istihalah) pada Budidaya dengan Pakan Mengandung Kontaminan Babi.
Author : Al Faruqi, Muhammad Umar; Riyanto, Bambang; dan Wahjuningrum, Dinamella
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Awareness pada Produk Pangan Halal di Wilayah Bogor
Author : Astutik, Aisah Pratiwi; Hubeis, Musa; dan Widyastuti, Hardiana
Pengaruh Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Snack Kemasan oleh Konsumen Muslim di Kota Kendari
Author : Prameswari, Sherly Widya; Hartoyo, Sri; dan El Ayyubi, Salahuddin
Faktor-Faktor yang Memengaruhi Awareness pada Produk Kosmetik Halal di Wilayah Bogor
Author : Chandra, Marini; Hubeis, Musa; dan Widyastuti, Hardiana
Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Masyarakat Muslim dalam Memilih Restoran Berlabel Halal MUI (Studi Kasus Mahasiswa Muslim IPB).
Author : Muslimah, Meily dan Fitri, Resfa
Strategi Pengembangan Desa Wisata Halal di Kampung Wisata Bekelir, Babakan, Kota Tangerang
Author : Al Ghifari, Irsyad; Novianti, Tanti; dan Ayyubi, Salahuddin El
Pengembangan Perancangan Model Kawasan/Sentra IKM Pangan Halal dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing IKM Indonesia
Author : Purwaningrum, Cucu Rina; Hubeis, Musa; dan Raharja, Sapta
Managing Halal Risks of The Beef Supply Chains in Indonesia and Malaysia
Author : Dardanella, Derry; Mulyati, Heti; dan Basith, Abdul
Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Guru Dalam Memilih Produk Pangan Kemasan Berlabel Halal MUI di Kota Depok.
Author : Cahyadin, Ikhwan Mauli, dan Lubis, Deni
Pengaruh Izin Edar P-IRT dan Sertifikat/Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dan Perkembangan IKM di Kabupaten Bangka Tengah
Author : Saputra, Julanda; Hermanianto, Joko; dan Saputra, Subekti
Kesadaran dan Kesediaan Membayar Konsumen terhadap Daging Sapi Tersertifikasi Halal di Kota dan Kabupaten Bogor
Author : Alfikri, Syafiq; Baga, Lukman M; dan Suprehatin
Analisis Perilaku Belanja Konsumen Non-muslim terhadap Pembelian Makanan dan Minuman Kemasan Berlabel Halal MUI di DKI Jakarta
Author : Chalid, Fitria Idham dan Ayyubi, Salahuddin El
Faktor-faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Generasi Z Muslim Terhadap Produk Kosmetik Berlabel Halal MUI (Studi Kasus Kota Bogor)
Author :Khansa, Luthfi dan Ayyubi, Salahuddin El
Implementasi Sistem Jaminan Halal dan Higiene Sanitasi di Rumah Makan Bakmi GS Bogor
Author : Putri, Nur Faizah; Darmawan, M. Arif; dan Muslich
Pengaruh Persepsi Label Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim pada Restoran Cepat Saji di Kota Depok (Studi Kasus: Foodcourt Margo City
Author : Negoro, Ghazaly Imam dan Lubis, Deni
Analisis Keputusan Bisnis dalam Pembelian Produk Makanan Halal di Kota Ho Chi Minh, Vietnam
Author : Ardiyansyah,Mohammad Firman dan Daryanto, Arief
Populasi muslim yang meningkat setiap tahunnya di Vietnam berdampak pada peningkatan permintaan produk halal. Produk makanan yang berada di pasar saat ini sangat beragam dan bisa jadi mengandung bahan yang tidak boleh dimakan oleh umat muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen muslim Vietnam di kota Ho Chi Minh, menganalisis pengaruh theory of planned behavior dan daya saing produk terhadap keputusan bisnis dalam pembelian produk makanan halal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 66 responden yang dipilih dengan teknik convenience sampling. Analisis faktor dilakukan dengan menggunakan metode SEM-PLS, sedangkan karakteristik konsumen muslim Vietnam dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa theory of planned behavior dan daya saing produk berpengaruh signifikan dan memengaruhi pengambilan keputusan pembelian. Variabel dengan hasil pengaruh terbesar adalah sikap dan variasi produk.
Factors Influencing Consumer Decisions in Halal Tourism (Case Study Indonesia and Malaysia)
Author : Sumardi, Retno Santi; Najib, Mukhamad; dan Sarma, Ma’mun