HSC IPB Adakan Training Sistem Jaminan Produksi Halal Berbasis SNI 99000 dan HAS 23000

HSC IPB Adakan Training Sistem Jaminan Produksi Halal Berbasis SNI 99000 dan HAS 23000

Bogor- Seperti yang diamanatkan oleh UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, setiap produk dan jasa terkait makanan, minuman, obat-obatan, kosmetik, dan barang gunaan yang beredar di Indonesia wajib disertifikasi halal. Oleh karena itu, HSC IPB sebagai lembaga yang memiliki kompetensi untuk memberikan pelatihan di bidang sains dan sertifikasi halal, telah menyelenggarakan Training Sistem Jaminan Produksi Halal pada 12-13 September 2018 lalu bekerja sama dengan IPB Training. Materi training disampaikan dengan presentasi dan diskusi, serta simulasi dan praktik pembuatan manual sistem jaminan halal, secara khusus untuk UMKM (Usaha Mikro dan Kecil Menengah) karena peserta yang hadir adalah akademisi yang mayoritas bergerak untuk pembinaan UMKM.
Kegiatan training yang diadakan di IPB Science Park Bogor ini memuat kurikulum pengantar jaminan produksi halal, regulasi dan prosedur halal di Indonesia, prasyarat (kebijakan halal, sdm manajemen halal, pelatihan sdm), syarat sertifikasi halal (bahan, produk, fasilitas produksi, dokumen pendukung), prosedur pendukung sistem jaminan produksi halal (SOP aktivitas kritis, ketertelusuran, penanganan produk yang tidak memenuhi kriteria halal), dan evaluasi efektivitas sistem jaminan produksi halal (audit internal, kaji ulang manajemen). Materi tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Khaswar Syamsu, MSc, Dr. Mala Nurilmala, Msi, dan Agy Wirabudi Pranata, SSi.
Peserta yang hadir berasal dari berbagai daerah dan Universitas di Jawa, di antaranya Universitas Negeri Semarang, Universitas Muhammadiyah Malang, Politeknik Negeri Jember, Universitas Pasundan Bandung, dan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Seluruh peserta berpartisipasi aktif dengan antusiasme yang tinggi. Seorang peserta dari Universitas Muhammadiyah Malang yang telah mengikuti training ini mengaku siap untuk mensosialisasikan kepada lingkungan di sekitarnya mengenai apa yang didapat dari training ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan sistem jaminan produksi halal.
Peserta lainnya dari Universitas Satya Wacana (USW) Salatiga memaparkan alasannya mengikuti pelatihan ini, beliau ingin mengetahui bagaimana halal yang sesungguhnya, tidak sekedar mendengar sambil lalu apa kata orang. Selain itu, di USW juga ada beberapa mahasiswa jurusan pangan yang beraga Islam sehingga beliau merasa perlu untuk memahami prinsip halal, baik untuk kepentingan pengajaran, seperti skripsi dan praktikum. Beliau juga berterima kasih dan bersyukur karena merasa tercerahkan setelah mengikuti training. Hal ini dapat menjadi gambaran, bahwa selain sebagai bentuk kewajiban religius bagi umat Islam, halal kini telah menjadi simbol kualitas dan gaya gidup yang baik bagi manusia.

Link Terkait Training Sistem Jaminan Produksi Halal :
http://ipbtraining.com/training-sistem-jaminan-produksi-halal-berbasis-sni-99000-has-23000/

311 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *