Peneliti Halal Science Center IPB University Masuk dalam 90 Wanita Inspiratif dalam Buku Contribution of Women in the Global Islamic Economy

Peneliti Halal Science Center IPB University Masuk dalam 90 Wanita Inspiratif dalam Buku Contribution of Women in the Global Islamic Economy

Peneliti Pusat Kajian Sains Halal (Halal Science Center) IPB University, Dr Nancy Dewi Yuliana menjadi salah seorang wanita inspiratif yang masuk dalam buku berjudul Contribution of Women in the Global Islamic Economy. Buku yang diterbitkan oleh Standards and Metrology Institute for Islamic Countries (SMIIC) dan Islamic Economy Academy ini berisikan 90 wanita inspiratif yang dipilih dari berbagai negara.

Dr Nancy dianggap memiliki kontribusi yang signifikan di bidang penelitian, pendidikan dan pelatihan tentang halal. Dr Nancy merupakan peneliti di Pusat Kajian Sains Halal IPB University, sekaligus dosen di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB University.

Ia merupakan lulusan program magister dan doktor dari Leiden University (Belanda) di bidang natural products, serta berkesempatan melakukan postdoctoral research di Tsukuba University, Jepang.

Sebagai peneliti yang produktif, Dr Nancy juga aktif dalam membangun kerjasama penelitian, baik dengan peneliti atau institusi dari dalam dan luar negeri. Dr Nancy telah mempublikasikan hasil penelitiannya pada berbagai jurnal nasional dan internasional bereputasi dalam bidang pangan. Termasuk autentikasi produk pangan halal menggunakan metode food fingerprinting dan metabolomics.

Terhitung sejumlah 1 Japanese patent, 62 artikel ilmiah non prosiding terindeks Scopus, 54 artikel terindeks Web of Science di bidang halal maupun bidang ilmu dan teknologi pangan lainnya telah diterbitkan.

Dr Nancy juga aktif memberikan kuliah terkait sains halal dan sistem jaminan halal ke mahasiswa program sarjana maupun pascasarjana di IPB University. Selain itu, Dr Nancy merupakan auditor aktif di Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).